Minggu, 14 Mei 2017

Motif Batik Sekolah Berbasis Budaya

Motif batik telah berkembang pesat mewarnai seni design kreatif batik Indonesia. Sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia, batik patut dilestarikan, dikembangkan dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Sebagaimana keterangan yang dimuat Wikipedia, "Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.


Selanjutanya dijelaskan, bahwa Batik merupakan produk kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Wanita Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan.  

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu atau daerah tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang atau profesi seseorang.

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

Pada perkembangan selanjutnya, batik selain produk kerajinan tangan tangan terampil wanita Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini dikenal juga batik printing dengan hasanah batik yang kian beragam motifnya. Bahkan kini, hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki batik khas yang mencerminkan daerahnya masing-masing. 

Demikian juga dengan motif batik sekolah, memiliki beragam motif yang mencerminkan karakter dan budaya daerah-daerah tempat di mana kita sekolah.

Berikut ini, beberapa motif batik sekolah yang dapat Anda jadikan pilihan untuk motif batik almamater sekolah Anda:





























WA/TLP 085215356186



Tidak ada komentar:

Posting Komentar